Tuesday, March 6, 2012

Pendekatan Psikologi Sosial

Psikologi sosial merupakan suatu studi ilmiah yang mencoba memahami asal-usul dan latar belakang perilaku dan pemikiran individu dalam situasi sosial.

Pendekatan yang digunakan dalam psikologi sosial adalah :
A. Pendekatan Genetis
Perilaku ditentukan menurut hal-hal yang bersifat biologi.
Tokoh : Komrad Lorenz
"Perilaku agresif atas manifestasi dorongn agresif instingtif yang dibawa sejak lahir yang muncul dari kebutuhan untuk mempertahankan diri."

Tokoh : William Mc Dougal
"Banyak ciri-ciri perilaku khusus dapat dijelaskan dengan istilah instik."

B. Pendekatan Belajar
Teori-teori belajar menekankan peran situasi dan lingkungan terhadap perilaku. Secara lebih spesifik perilaku dianalisis dalam konteks asosiasi stimulus respon yang dipelajari.
Imitasi merupakan proses atau alat utama dalam mempelajari perilaku sosial.

C. Pendekatan Kognitif
Menekankan pada pada proses berpikir dan bagaimana proses berpikir orang dan mendapatkan gambaran (kesan) terhadap dunia sekitar.
Memberi makna kepada orang lain atau mengubah persepsi orang lain.

D. Pendekatan Psikoanalisis
Perilaku dewasa dalam banyak hal merupakan refleksi dari pengalaman masa kanak-kanak. Setiap orang mengalami tahap-tahap perkembagan yang berkaitan yang berkaitan dengan sexual pleasure pada awal kehidupan.
Status merupakan situasi tidak didasari yang mengandung makna unobservable menyebabkan validasi teori menjadi pekerjaan amat sulit.
Konsep utama psikoanalisis :
1. superego
2. ego
3. id

E. Pendekatan Peran
Teori yang paling bersifat sosial, berkembang dari hasil kerja para sosiologis. Perilaku dibentuk oleh peran yang diberikan masyarakat pada individu. Mencoba melihat bagaimana perilaku individu terbentuk.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment